Membahas Mesin Pencari

Membahas Mesin Pencari

Belajar mengenai mesin pencari (search engine)


Definisi Mesin Pencari (Search Engine)
Mesin pencari adalah portal website yang menyediakan informasi pencarian data yang dibutuhkan oleh pengunjung internet. Contoh mesin pencari adalah Google, Yahoo, dan Bing.
intel
Search Engine sangat dibutuhkan untuk mencari informasi

Cara Kerja Mesin Pencari (Search Engine)
  1. Mengcopy paste semua halaman website yang ada di dunia.
  2. Memasukkan halam website ke dalam data dan diproses dengan algoritma tersendiri.
  3. Mengeluarkan data yang dibutuhkan pengunjung dengan algoritma tersendiri.
Algoritma yang dimiliki oleh mesin pencari ini terus berkembang karena berkembangnya teknologi yang pesat pada jaman sekarang ini. Banyak website yang berlomba agar dapat dimunculkan di halaman pertama, agar bisa muncul di halaman pertama maka website itu harus mempunyai konten/isi yang baik. Website harus memiliki beberapa persyaratan yang disukai oleh mesin pencari, nama teknik untuk memenuhi persyaratan mesin pencari itulah yang disebut Search Engine Optimization (SEO)

Tiga Perangkat Lunak dalam Mesin Pencari
  1. Spider
  2. Bertugas untuk melakukan pencarian terhadap halaman-halaman web baru. Halaman tersebut kemudian dikumpulkan dan disimpan pada indeks. Spider tidak mengumpulkan gambar, Spider hanya tertarik pada teks, tautan, dan URL.
  3. Index
  4. Menangkap atau menyimpan halaman web apapun yang dilempar oleh Spider. Index mengelola banyak teks, tautan, dan URL dengan algoritma. Pekerjaan algoritma adalah menganalisa halaman dan tautan untuk memberikan penilaian seberapa penting halaman website tersebut. Semakin penting maka semakin mudah dicari.
  5. Query
  6. Tampilan pertama saat kita berkunjung ke search engine. Fitur utama adalah kotak kecil di mana kita mengetik kata yang ingin kita cari. Fitur ini juga bisa disebut sebagai search box. Kata yang dicari akan dicarikan dan dimunculkan halaman website yang sesuai dan dianggap penting oleh indeks.
Query Google
Google adalah salah satu contoh Query

Tidak ada komentar:

Posting Komentar