Kisi Uraian Geografi dan Pembahasan

Kisi Uraian Geografi dan Pembahasan




Proses Siklus Batuan dan Jenis Batuan yang Dihasilkan


  1. Magma mendingin dan mengeras menjadi batuan beku (igneous rock). Beberapa batuan beku yang dapat ditemukan yakni, granit, gabro, andesit, diorit, basalt, obsidian, dan pumice (batu apung).
  2. Batuan beku kemudian mengalami pelapukan ataupun pengikisan dan kemudian mengendap. Kumpulan endapan itu berkumbul dan melakukan pengerasan sehingga terbentuk batuan sedimen. Batuan sedimen yakni, konglomerat, batu pasir, batu serpih, batu gamping (kapur), breksi, stalaktit dan stalagmit, dan batu lempung. Kebanyakan batuan sedimen digunakan sebagai bahan bangunan.
  3. Batuan sedimen dan batuan beku terkena tekanan dan temperatur yang tinggi kemudian  menjadi batuan metamorf. Batuan metamorf yakni, pualam/marmer, batu sabak, gneiss, sekis, kuarsit, dan milonit. Batuan metamorf kebanyakan digunakan sebagai kerajinan.

Menghitung Sex Ratio dan Dependency Ratio
Sex Ratio
Dependency Ratio


Menggunakan Seluruh Komponen Peta


  1. Judul Peta
  2. Legenda
  3. Orientasi/Arah Mata Angin
  4. Skala
  5. Simbol
  6. Inset
  7. Garis Tepi Peta
  8. Sumber dan Tahun Pembuatan

Teori Tempat Sentral menurut Waltaer Christaller
Teori ini menyatakan bahwa suatu lokasi dapat melayani berbagai kebutuhan  yang terletak pada suatu tempat yang disebutnya sebagai tempat sentral. Tempat sentral tersebut memiliki tingkatan-tingkatan tertentu sesuai kemampuannya melayani kebutuhan wilayah tersebut. Bentuk pelayanan tersebut digambarkan dalam segi enam/heksagonal.



  1. K3 merupakan pusat pelayanan pasar optimum dimana tempat sentral tersebut selalu menyediakan kebutuhan barang-barang pasar untuk daerah disekitarnya.
  2. K4 merupakan pusat lalu lintas/transportasi maksimum dimana tempat sentral tersebut menyediakan sarana dan prasarana lalu-lintas yang optimal.
  3. K7 merupakan pusat pemerintahan optimum dimana tempat sentral tersebut merupakan sebuah pusat pemerintahan

Ciri Negara Maju dan Berkembang
Lebih lanjut lihat di >> Indikator Negara Maju dan Berkembang


Tidak ada komentar:

Posting Komentar