Membahas SEO

Membahas SEO

Belajar mengenai SEO (Search Engine Optimization)


Sudah memahami tentang definisi mesin pencari seperti Google, Yahoo, dan Bing? Kalau masih belum maka kamu bisa memperkaya pengetahuan kamu dengan membuka artikel Membahas Mesin Pencari.

Definisi SEO (Search Engine Optimization)
Proses secara sistematis dengan tujuan untuk meningkatkan traffic atau volume mesin pencari menuju alamat situs web tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja alami algoritma mesin pencari tersebut.

Sejarah SEO (Search Engine Optimization)
Menurut Danny Sullivan (mantan wartawan LA Times),
History
Sejarah SEO
  1. 26 Juli 1997, istilah search engine optimization (SEO) pertama kali digunakan oleh sebuah pesan spam yang diposting di Usenet. Pada jaman dulu algoritma masih belum kompleks sehingga mudah dimanipulasi. Meta tag (penyedia informasi tentang konten melalui keywords) dimanipulasi, sebagian webmaster tidak menulis keywords sesuai dengan konten sesungguhnya.
  2. Larry Page dan Sergey Brin, mahasiwa doktoral ilmu komputer Stanford University, mengatasi hal tersebut dengan membuat Backcrub, sebuah mesin pencari sederhana yang mengandalkan perhitungan matematika untuk memberi peringkat bagi halaman web alias Page Rank.
  3. Tahun 1998, dua orang yang sama, mendirikan Google yang merupakan versi advance dari Backcrub.
  4. Ke depannya hingga sekarang ini, algoritma Google masih terus dikembangkan dan sekarang yang paling terbaru dan kompleks adalah Google Hummingbird.
Jenis-Jenis SEO (Search Engine Optimization)
Dalam dunia ini SEO hanya terbagi menjadi dua ras besar yaitu, SEO On Page dan SEO Off Page.
  1. SEO On Page
  2. Bentuk optimisasi yang dilakukan secara internal atau dari dalam suatu website/blog. Ada beberapa elemen yang ada dalam SEO On Page,
    • Wordpress
    • Wordpress sangat dianjurkan dalam pembuatan website dengan domain dan hosting pribadi karena banyak manfaat SEO built-in yang ditawarkan. Contoh SEO plugin yang dimiliki wordpress: SEO Yoast, All in One SEO, XML-Sitemap, WP Super Cache, dll.
    • Nama Domain
    • Penggunaan nama domain sangat penting sehingga terdapat beberapa tips untuk pemilihan nama domain yang dapat dibaca dengan membuka artikel Tips Membuat Nama Domain.
    • Judul Blog/Website
    • Harus memuat kata yang sama dengan nama domain anda. Contohnya nama website anda adalah www.resepbersama.com, maka kata-kata resep harus menjadi judul blog/website anda.
    • Judul Posting
    • Judul posting tidak boleh dipilih secara sembarangan karena berpengaruh terhadap hasil penelusuran di search engine. Beberapa cara memilih judul posting dapat dilihat dalam artikel Tips Memberi Judul Post.
    • Meta Tag
    • Memberikan gambaran umum mengenai isi dari halaman web kamu.
    • Permalink
    • Permalink sangat penting dalam optimalisasi SEO karena dapat meningkatkan pagerank anda di mesin pencari. Permalink mempermudah pembacaan URL seperti contohnya nama website www.akubisa.com/?id=1111.php tidak bisa dibaca dan malah membuat pusing sehingga apabila dirubah menjadi www.akubisa.com/susu-aku-bisa.html akan menjadi mudah dibaca dan menarik.
    • Robot.txt
    • Berguna untuk menghindari duplikasi konten. Menghindari mesin pencari untuk mengindeks halaman yang tidak semestinya diindeks.
  3. SEO Off Page
  4. Teknik optimalisasi yang diterapkan dengan umpan dari luar website/blog melalui backlink dari situs lain. Google memberikan fasilitas webmaster tools untuk kemudahan menerapkan SEO Off Page.
    • Membuat Link
    • Backlink adalah script link suatu blog yang dipasangkan ke dalam situs tertentu. Semakin banyak situs yang dipasangi backlink maka pagerank kita akan semakin tinggi. Terdapat tiga jenis backlink yaitu, Backlink satu arah (hanya dari satu web tanpa balasan), Backlink dua arah (Alias tukaran link), dan Backlink tiga arah.
    • Link Dofollow dan Nofollow
    • Dofollow dan Nofollow keduanya sama saja menaruh link yang kita miliki dengan cara berkomentar di blog lain. Namun bedanya dofollow berarti link yang kita post dihitung sebagai backlink sementara nofollow tidak dihitung.

Teknik SEO
  1. White Hat SEO
  2. Mengisi halaman web dengan konten yang berkualitas, yang semuanya relevan dengan keywords pencarian. Tujuannya adalah untuk menjaga agar situs tidak berisi spam dan terus membuat konten original alias tidak copy paste site lain.
  3. Black Hat SEO
  4. Menjadikan banyak hasil mesin pencarian menjadi tidak relevan dengan yang dibutuhkan oleh pengunjung. Mengcopy paste situs lain, menciptakan koleksi link, menggunakan software komentar otomatis, menambahkan teks tersembunyi, membuat halaman tipuan, dan lainnya yang digunakan hanya untuk menambahkan pengunjung.
Mengirimkan URL ke Mesin Pencari
Mesin pencari yang akan dibahas di sini adalah tiga mesin pencari terbesar yaitu, Google, Yahoo, dan Bing. Situs yang dapat dicoba jasanya untuk mengirimkan artikel ke mesin pencari adalah www.orangesubmit.com atau www.submitexpress.com.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar